Selamat Datang

Translate

Pengunjung

"Warung Pojok"

Pengikut

22 April 2009

Ogoh-Ogoh

Bali. Siapa yang tidak tau Bali,semua tahu Bali. Banyak yang mengatakan Bali adalah gudangnya seni. Setiap kegiatan selalu diringi dengan kesenian. Mulai dari upacara keagamaan sampai kegiatan resmi lainnya selalu disuguhi dan dibubuhi oleh kesenian Bali. Sehari sebelum hari raya nyepi adalah hari pengerupukan. Kegiatan - kegiatan yang ada pada hari ini yaitu mebuwu - buwu, yaitu pembersihan buta kala dari pekarangan rumah dengan tujuan agar pelaksanaan nyepi dirumah dapat berjalan dengan lancar, dan pagelaran ogoh - ogoh oleh muda - mudi desa.

Ogoh-ogoh merupakan salah satu ciri khas dari rangkaian pelaksanaan perayaan Tahun Baru Caka yang kita kenal dengan Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh umunya dibuat dengan muka seram, mata besar melotot sebagai lambang/simbolis  buta kala.
 
Ogoh - ogoh akan diarak keliling desa pada malam pengerupukan, dimana tepat pada tengah hari sebelumnya sudah dilaksanakan upacara pecaruan yang disebut tawur agung/tawur kesanga yang bertujuan untuk membayar atau mengembalikan. Apa yang dibayar dan dikembalikan? Adalah sari - sari alam yang telah dihisap atau digunakan manusia. Sehingga terjadi keseimbangan maka sari - sari alam itu dikembalikan dengan upacara Tawur/Pecaruan yang dipersembahkan kepada Bhuta sehingga tidak menggangu manusia melainkan bisa hidup secara harmonis (buta somya).


Setelah diupacari dengan upacara buta yadnya pecaruan tersebut, buta kala yang disimbolkan dengan Ogoh - ogoh ini kemudian diarak keliling desa disertai dengan gambelan bali   atau berbagai bunyi - bunyian seperti kentongan, bom khas bali yang disebut plug - plugan, mercon, kembang api dan lainnya yang selanjutnya berakhir pada kuburan setempat untuk dibakar yang secara secara simbolis buta kala ini agar kembali ke alamnya masing masing dan tidak mengganggu manusia sehingga kehidupan harmonis antara manusia dengan alam dan ciptaannya terwujud.

Ogoh - ogoh pada umumnya dibuat untuk simbolis buta kala, seperti raksasa, leak, celuluk dengan tampangnya yang seram, mata melotot besar, dengan taring yang panjang. Tetapi kreativitas orang bali membuat tampang ogoh - ogoh dari tahun ke tahun semakin beragam dan makin bagus tentunya.

Komentar :

ada 2 komentar ke “ Ogoh-Ogoh ”
Korea-Seoul-Map mengatakan...
pada hari 

very nice blog ^^
do you know Seoul, Korea?
if not, feel free to visit my blog~ ^^
thnaks a lot~~~

KUDA - KUDA BESI mengatakan...
pada hari 

Salam kenal mas endro...blognya keran abis...
Boleh dong belajar buat untuk memperbaiki blog saya. saya baru 1 minggu buat blog jadi masih asal-asalan...promosi bali bagus juga yah...
liat blog saya kalo mas endro sempat untuk kasih komen or kasih saran...di www.kudakudabesi.blogspot.com

Salam/dudi irawan (kudakoe lari kencang)

Posting Komentar

Jalan Pintas

Mengenai Saya

Foto Saya
Terlahir dan belajar seni dipulau yang dikenal dengan seni dan pariwisata budaya,BALI

Serba Serbi Bali

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Modifications by endro
fixedbanner