Selamat Datang

Translate

Pengunjung

"Warung Pojok"

Pengikut

01 Mei 2009

Babi Guling

Salah satu makanan khas Bali, nasi guling atau babi guling, sajian yang berbahan dasar daging babi panggang. Beberapa lauk khas yang umunya terdapat di nasi guling adalah : lawar, sosis babi ( urutan ), krupuk kulit babi, kulit babi yang dipanggang, dan kadang – kadang disertai dengan kuah sayur nangka,babi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan, di mana perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon.

Selain karena memang menu tersebut banyak diminati, warga sekitarnya pun cukup banyak yang diperbolehkan untuk menikmati hidangan tersebut. Babi Guling ini biasa dikenal dengan nama Be Guling, pada dasarnya merupakan salah satu makanan wajib yang disajikan dalam upacara adat, seperti upacara keagamaan dan lainnya. Berawal dari sana, kini Be Guling kian marak dihidangkan dalam warung-warung sederhana, rumah makan tradisional, bahkan hingga merambah ke hotel - hotel bintang lima di kawasan Bali.

Lantas, apa yang menyebabkan Be Guling ini kian fenomenal? Menu makanan yang satu ini terbuat dari anak babi betina maupun jantan dengan proses yang cukup sulit sehingga bukan sembarang orang bisa memasaknya. Be Guling dibuat dengan bumbu khas yang kemudian harus dimasukkan ke dalam rongga perutnya, karena bumbu tersebutlah yang  kemudian akan meresap ke dalam dagingnya.

Proses pembuatan Be Guling tentunya didahulukan dengan pembuatan bumbu terlebih dahulu, dengan bahan bumbu yang cukup mudah didapatkan, seperti kencur, cengkeh, jahe, terasi, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan masih banyak lagi jenis rempah - rempah lainnya. Setelah bumbu dimasak dan siap untuk digunakan, proses selanjutnya adalah pembersihan seluruh rongga perut daging babi tersebut. Harus bersih total, karena rongga perutnya akan diisi dengan bumbu yang telah dipersiapkan sebelumnya. Ketika rongga perut sudah terisi oleh bumbu yang ada, lalu babi tersebut ditusukkan ke dalam tongkat bambu yang besar agar bisa menahan beratnya daging babi tersebut sebelum nantinya dibakar dan digulingkan di atas api. Tongkat yang dipilih harus benar - benar kuat, karena harus mampu menahan berat daging tersebut.

Hidangan Be Guling ini menjadi tersohor selama berada di kawasan pulau Dewata, Bali, karena juga tingkat kesulitannya dalam memasak yang membuatnya banyak dicari para pengunjung yang penasaran. Jika Open Ricers tengah berlibur ke daerah Bali, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bila memang diperbolehkan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “ Babi Guling ”

Posting Komentar

Jalan Pintas

Mengenai Saya

Foto Saya
Terlahir dan belajar seni dipulau yang dikenal dengan seni dan pariwisata budaya,BALI

Serba Serbi Bali

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Modifications by endro
fixedbanner