Selamat Datang

Translate

Pengunjung

"Warung Pojok"

Pengikut

27 Februari 2012

Lukisan Telur

Lukisan di Bali sangat unik, seniman tidak selalu menggunakan kanvas kain sebagai media untuk melukis. Mereka juga sering menggunakan aneka jenis media, salah satunya adalah telur sebagai tempat untuk mengekspresikan karya seninya. Mereka memilih aneka jenis telur sebagai media lukis mulai dari dari ayam hingga telur burung onta. Tidaklah mudah untuk melukis di atas kulit telur. Bentuknya yang bulat serta strukturnya mudah pecah, membuat proses ini perlu keahlian dan ketelitian.

Telur - telur asli diolah dengan mengeluarkan isi telur dan melukis cangkang atau bahkan mengukirnya. Untuk sentuhan akhir ada yang diwarna, dipernis, dan dimasukkan dalam kotak kaca. Ada pula yang diberi lampu di dalamnya. Begitu juga dengan corak tema lukisannya. Banyak pilihannya mulai dari satwa, tumbuhan, kartun hingga tema tradisional Bali.


Kerajinan seni lukisan telur , sampai sekarang masih menjadi rebutan dikalangan konsumen mancanegara asal Eropa. Jumlah permintaan mata dagangan ini lumayan banyak setiap bulannya. Hanya saja, selama ini perajin menghadapi kendala sulitnya mendapatkan telur terutama telur burung unta di pasaran, kendati nilai jual lukisannya memiliki nilai ekonomi tinggi.

Komentar :

ada 0 komentar ke “ Lukisan Telur ”

Posting Komentar

Jalan Pintas

Mengenai Saya

Foto Saya
Terlahir dan belajar seni dipulau yang dikenal dengan seni dan pariwisata budaya,BALI

Serba Serbi Bali

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Modifications by endro
fixedbanner