Selamat Datang

Translate

Pengunjung

"Warung Pojok"

Pengikut

14 Januari 2012

Tari Jauk

Tari ini menggambarkan seorang Raksasa yang menggunakan Mahkota(gelungan) dimana dia ini sedang bekelana. Tarian ini memiliki gerakan yang fleksibel. tari ini menggunakan kostum yang mirip dengan tari Baris, tetapi bedanya, dia menggunakan Topeng, dan gelungan (mahkota) yang mirip mahkota raja. dan juga memakai sarung tangan yang ada kuku yang panjang.

Tari ini banyak bisa ditemukan di bali. biasanya untuk pertunjukan.Tari jauk dapat dibagi menjadi 2 jenis : yaitu jauk keras dan jauk manis

Jauk keras seperti namanya, gerakannya pun lebih bringas. dimana gerakannya lebih energik dan gongnya pun bertempo cepat. biasanya mempunyai standar gerakan sendiri. Topeng yang di pakai adalah topeng yang berwarna merah, dimana menggambarkan keberingasan sang Raksasa.biasanya, ini adalah dasar dari semua tarian d jauk. Gerakannya perpaduan antara tangan, kaki, badan dan leher. jadi semua gerakannya berbeda. lumayan lama untuk menyesuaikannya.Topeng yang dipakai seperti ini. jadi merah, ada kumis dan mata melotot tajam. menggambarkan kebringasan.

Jauk Manis, jauk ini seperti namanya, mempunyai gerakan yang lebih berwibawa. aslinya jauk manis ini pakaiannya sama dengan jauk keras tapi bedanya ada di topengnya dimana topengnya menggunakan warna putih dan kelihatan lebih berwibawa. Karena jauk Manis ini jauh lebih fleksibel dari jauk keras, para seniman tari di Bali akhirnya mengimprovisasi dan membentuk tarian jauk yang berbeda. misalnya Topeng tua, tari ini termasuk tari topeng jauk. dimana menggambarkan orang tua. jadi gerakannya pun mirip seperti orang tua. itulah keunggulan jauk.Topengnya lebih lembut dari jauk keras. 
wikansadewa.blogspot.com

Jalan Pintas

Mengenai Saya

Foto Saya
Terlahir dan belajar seni dipulau yang dikenal dengan seni dan pariwisata budaya,BALI

Serba Serbi Bali

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Modifications by endro
fixedbanner