Selamat Datang

Translate

Pengunjung

"Warung Pojok"

Pengikut

08 Juli 2009

Arak Bali

Arak adalah minuman (Tradisional) disamping Brem Bali tentunya. Mengandung alkohol (etil alkohol) yang telah dikenal di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Arak pada umumnya dibuat dari tuak kelapa dengan cara destilasi (penyulingan). Arak dapat juga dibuat dari beras atau beras ketan melalui proses pentapean, selanjutnya diperas. Cairannya difermentasikan dan terus didestilasi.

Minuman arak sudah dikenal diseluruh daerah di Bali, karena arak ini sebagai satu jenis minuman yang digunakan sebagai sajian (tabuh) bersama - sama dengan brem dan tuak pada upacara adat dan keagamaan. Minuman arak apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dipercaya berkhasiat bagi orang tua dan dewasa untuk menghangatkan badan, menghilangkan rasa mual dan pengobatan tradisional lainnya. 

Di Bali, arak merupakan satu jenis minuman yang digunakan sebagai sajian (tabuhan) bersama - sama dengan brem dan tuak pada upacara adat dan keagamaan. Disamping itu arak juga di sajikan sebagai hidangan khusus bagi orang dewasa.

Produksi minuman keras di Indonesia umumnya dilarang, namun berbeda dengan yang ada Bali. Arak Bali justru dijadikan salah satu oleh - oleh khas Bali bagi para wisatawan yang datang ke Bali. Selain dikonsumsi untuk minum dan sebagai bagian dari sesajen upacara keagamaan, arak Bali juga diyakini dapat dijadikan obat boreh atau penghangat untuk menghilangkan rasa gatal.

Selain itu, arak juga biasanya digunakan untuk sarana upacara keagamaan. Sehingga, arak pun menjadi fenomenal antara disucikan atau dilarang lantaran mengakibatkan kebutaan, koma hingga kematian. Padahal, arak Bali sebagai penunjang perekonomian masyarakat di pedesaan. Karena, termasuk kreativitas industri budaya kreatif berbasis kearifan lokal khas daerah, kabupaten/kota yang bernilai ekonomis.

Ironisnya, sejumlah masyarakat terutama pencinta arak (pemabuk,-red) ataupun pelaku industri budaya kreatif (pengerajin arak,-red) seringkali melakukan eksperimen demi sebuah egoisme identitas atau pengakuan jati diri. Tapi, tindakan kreatif dan inovatif itu seringkali kebablasan. Pasalnya, mereka acapkali mengoplos atau mencampur arak dengan aneka minuman yang terkontaminasi methanol. Hingga berakibat fatal pada kematian.

Dilihat sejarahnya, keberadaan arak Bali atau tuak memang telah menjadi bagian tersendiri dari budaya masyarakat baik lokal, nasional maupun dunia. Makanya, arak tidak dapat dipangkas ataupun dihilangkan dalam kehidupan keseharian masyarakat. Ini artinya, pendekatan secara hukum sebagai efek jera terutama bagi pelaku pengoplos arak Bali sebagai salah satu solusi alternatif masih belum efektif. Karena itu, para penegak hukum mesti lebih gencar dalam melakukan penindakan secara tegas dan terus menerus, serta berkelanjutan. Dengan kata lain, tidak dicap publik hangat-hangat tahi ayam, yang sifatnya cuma sekadar saja dan hanya bertindak jika sudah jatuh korban.

Minuman tradisional khas Bali ini, tidak kalah dengan minuman produksi luar seperti anggur atau wine. Terbukti, minuman tradisional yang banyak diproduksi industri rumahan ini banyak disukai wisatawan mancanegara (wisman). Melihat perkembangan inilah , mastarakat Bali merasa bangga minuman tradisional Bali tetap menjadi daya tarik tersendiri di mata wisman, selain objek wisatanya. Minuman khas Bali bisa menjadi wisata kuliner tersendiri. Arak Bali terkenal di mancanegara karena rasanya beda dari wine produksi luar, mampu memberikan cita rasa tersendiri yang disukai wisman.

Komentar :

ada 3 komentar ke “ Arak Bali ”
Hari Yoga mengatakan...
pada hari 

Bali emang keren, ga ada matinya...
Sebagai orang Bali tentu saja mesti menjunjung tinggi nama Bali.
Ikut share yaa bos...
"http://satyastudio.blogspot.com"

Ketut Parta mengatakan...
pada hari 

sing ade ngalahang arik bali...


salam hangat
Jatayu Rental http://www.rentcardibali.net
Melayani
sewa mobil di bali
sewa mobil murah di bali
rental mobil di bali

arya mengatakan...
pada hari 

Arak merupakan salah satu identitas bali dimata pecinta alkohol. Maka tidak salah, arak selalu jadi buruan wisatawan saat berkunjung ke bali untuk dijadikan oleh-oleh, tapi karena aturan yang abu-abu menjadikan dilema tersendiri pendistibusian arak, sehingga sangat sulit bagi yang pertama ke bali untuk mencari tempat jual arak di bali

Posting Komentar

Jalan Pintas

Mengenai Saya

Foto Saya
Terlahir dan belajar seni dipulau yang dikenal dengan seni dan pariwisata budaya,BALI

Serba Serbi Bali

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra Modifications by endro
fixedbanner